Tujuh Teknologi yang Bakal Lenyap

Mereka yang tumbuh besar di era 80 atau 90-an sudah pasti sebagian besarnya telah mengetahui banyaknya gadget yang musnah di jaman sekarang. Seperti misalnya kaset radio, kaset video, walkman, dan sebagainya. Seiring perkembangan zaman, akan ada muncul teknologi baru yang lebih  lebih canggih untuk menggantikan produk dari teknologi yang lama.

Oleh karena itu, lenyapnya gadget atau  produk teknologi ini adalah sebuah siklus yang normal terjadi. Kalau kamu pengin tahu teknologi apa saja yang akan musnah di tahun ini, silakan baca artikel ini sampai tuntas.

1. Port Komputer RS-232 & PS/2 ports

Jaka yakin kamu pasti pernah punya keyboard atau mouse jadul yang menggunkam port ini.

Biasanya port jenis ini berwarna ungu atau hijau. Sekarang, hampir semua perangkat komputer sudah menggunakan USB, tidak lagi menggunakan port jenis ini.

Kalau kamu terbiasa menggunakan keyboard gaming atau mouse gaming kayaknya gak ngeh dengan port jenis ini.

2. TV Analog

Tahukah kamu bahwa pemerintah Indonesia sudah sejak tahun lalu mengampanyekan kepada masyarakat di Indonesia untuk beralih dari televisi analog menjadi televisi digital?

Analog dan digital yang dimaksud di sini bukan jenis TV atau jenis antena-nya ya guys, tetapi sinyal transsmisi yang dialirkan ke televisi kita sehingga kita bisa menonton film ataupun sinetron di televisi kita.

Di luar negeri, hampir semua televisi sudah menggunakan penyiaran digital. Nah, beberapa televisi masih diproduksi hanya untuk menangkap sinyal analog. Mungkin di tahun 2019 ini semua televisi analog tidak akan diproduksi lagi.

3. Modem USB

Siapa sangka modem USB yang sempat populer sekitar 5-6 tahunan lalu, kini hampir tidak ada orang lagi yang menggunakannya.

Mungkin salah satu alasan mengapa modem USB ditinggalkan oleh pengguna karena adanya fitur tethering di semua smartphone kita.

Padahal, ketika modem USB masih digandrungi banyak orang, operator telpon berlomba-lomba memberikan paket internet unlimited khusus untuk berinternetan dengan modem USB.

4. MP3 Player/iPod

Saat pertama gadget ini keluar beberapa belas tahun lalu, gadget yang satu ini sangat disukai banyak orang di seluruh dunnia.

Bahkan Apple membuat iPod untuk memenuhi pasar pecinta MP3 Player. Pada masanya, iPod juga sangat sukses di pasaran.

Sayangnya, kini MP3 Player standar maupun iPod seperti kehilngan ‘taji’ di dunia gadget. Mungkin anak cucu kita nanti tidak akan tahu bahwa iPod adalah gadget keren di zamannya.

5. eBook Readers

Gadget yang satu ini mungkin tidak terlalu populer di Indonesia. Atau malah salah satu pembaca Jalantikus ada yang memilikinya?

eBook Readers memang ditujukkan hanya untuk membaca buku saja. Tidak ada fitur menonjol lainnya yang dijadikan ‘bahan jualan’ gadget ini.

Alhasil, eBook Readers kini mulai ditinggalkan oleh banyak orang karena aplikasi pembaca file PDF di Android maupun di iPhone yang mempunyai fungsi yang kurang lebih sama dengan eBook Readers.

5. Google+

Tragis sekali Googe+ yang digadang-gadang bakal sukses justru akan ditutup secara resmi pada tahun ini? Tanggal 2 April 2019, Google+ dihentikan layanannya oleh Google.

Google+ sempat diprediksikan mampu menjadi sosial media pesaing Facebook. Tapi sayang, cuma menjadi angan-angan saja.

Sebabnya adalah karena Google+ banyak sekali mendapatkan hambatan dalam proses perjalanannya. Mulai dari kebocoran data, tidak banyak pengguna aktif di dalamnya hingga kesan bahwa Google+ adalah produk gagal Google.

6. iPhone X

iPhone X hilang dari pasaran memang di sengaja. Justru, membuat discontinue iPhone X adalah langkah strategis yang dibuat oleh Apple  untuk meningkatkan penjualan iPhone seri X lainnya (iPhone Xr, Xs dan Xs Max).

Ini juga untuk mendorong agar Apple dapat membuat harga iPhone terbaru lebih stabil alias harganya bisa diturunkan sehingga sama dengan  iPhone X.

Penutup Cerita

Demikianlah semua kehidupan ada masanya, kitapun kelak demikian, akan digantikan dengan generasi yang baru. Sama halnya dengan teknologi, suatu saat merekapun Akan Musnah. Termasuk dunia gadget dan teknologi, selalu ada pasang surut di dalamnya.

Related Posts

About The Author

4 Comments

  1. john
    26/03/2014
  2. Matt
    26/03/2014
    • Coen Jacobs
      26/03/2014
  3. maria
    26/03/2014

Add Comment