Kegunaan Nomor IMEI di Handphone

Ponsel atau handpohone, baik yang harganya mahal ataupun murah. Mau merknya terkenal atau tak terkenal buatan lokal misalnya. Pastinya memiliki nomer IMEI yang satu sama lainnya berbeda.

IMEI yang memiliki kepanjangan  International Mobile Equipment Identity. Buat ponsel itu seperti KTP buat kita warga negara Indonesia. 

Biasanya nomor IMEI terdiri dari 15 atau 16 digit. Di mana provider telekomunikasi memanfaatkannya untuk mengenali perangkat yang terdaftar di dalam jaringan mereka.

Cuma apakah kalian benar-benar paham tentang IMEI dan fungsinya buat ponsel? Di bawah ini adalah penjelasannya.

Apa Sih EMEI itu?

Sudah dijelaskan diatas bahwa IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Setiap ponsel seharusnya memiliki nomor IMEI yang berbeda.

Mengetahui Nomor IMEI di Android

Gampang sekali untuk mengetahui nomor IMEI sebuah ponsel, caranya sangat mudah. Di ponsel Android, kamu bisa masuk ke menu Settings > About phone > Status. Ada juga cara yang lain dengan mengetikkan kode *#06#.

Selain dengan kedua metode tersebut, Nomor IMEI umumnya juga terdapat pada bodi perangkat di balik baterai. Produsen biasanya juga mencantumkan stiker nomor IMEI pada kotak kardus kemasan produknya.

Mengetahui Nomor IMEI di iPhone

Pada dasarnya hampir sama seperti di Android, untuk mengetahui nomor IMEI di iPhone bisa dengan mengetik *#06#, atau bisa juga dilihat di bodi bagian belakangnya, ada stiker di kotak kemasan, dan di iTunes.

Fungsi IMEI

Umumnya pengguna ponsel tidak menganggap penting IMEI, apalagi untuk mencatat atau menyimpannya. Padahal, IMEI memiliki fungsi cukup penting. Yang paling terasa banget, IMEI berfungsi saat ponsel hilang karena jatuh, lupa tempat menyimpannya, atau dicuri.

Jika kamu mengalami kejadian tsb, kamu bisa langsung datang ke gerai operator seluler yang kamu gunakan kemudian memberikan nomor IMEI dan nomor kartu yang kita gunakan.

Dengan begitu, ponsel kamu bisa dilacak atau nomor ponselnya bisa diblok dan perangkatnya bisa dikunci untuk sementara.

Untuk melacak smartphone Android yang hilang, kamu bisa juga menggunakan teknologi Google. Dengan catatan, smartphone kamu pernah terhubung ke Internet, GPS kita aktif, dan smartphone tersebut dalam keadaan aktif.

Penutup

Nah, sudah paham kan apa itu IMEI dan bagaimana fungsinya yang sangat penting buat HP kamu. Simpan baik-baik nomor IMEI yang kamu punya agar bisa berguna disaat dibutuhkan.

Related Posts

About The Author

4 Comments

  1. john
    26/03/2014
    • Joseph Scott
      26/03/2014
  2. Matt
    26/03/2014
  3. Lloyd Budd
    26/03/2014

Add Comment