Top 10 Profesi Freelance Saat Ini

Berkembangnya teknologi informasi membuat banyak kemudahan dalam bekerja. Saat ini bekerja tidak harus berada di kantor, dilaksanakan secara remote baik dari rumah ataupun lokasi lain juga bisa dilakukan dengan mudah. Sekarang ini tumbuh profesi yang difasilitasi dengan kemudahan teknologi informasi dan profesi ini memiliki tingkat permintaan yang tingi dengan kompensasi yang bagus pula. Ada baiknya Anda mempertimbangkan profesi ini yang merupakan profesi freelance yang banyak dicari dan berpenghasilan lumayan.

1. Natural Language Processing (Pengolahan Bahasa Alami)

Ini adalah profesi freelance yang menempati urutan nomer satu karena banyaknya kebutuhan dari vendor raksasa bidang IT seperti amazon, google, dan apple terkait pengembangan teknologi speaker pintar yang dapat mengenali suara dan perintah manusia serta melaksanakan perintah tsb. Para raksasa teknologi informasi ini saling berebut talent dan freelance yang mampu memperbaiki dan meningkatkan kemampuan produk mereka sehingga dapat digunakan secara massal.

2. Ahli Pemasaran Sosial Media

Pemasaran adalah ujung tombak perusahaan. Tidak hanya pemasaran secara konvensional saja tapi juga pemasaran secara digital di media-media sosial. Pakar pemasaran ini baik yang ahli di bidang sosial media maupun optimalisasi SEO  sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Kalau kita lihat saja saat ini, setiap perusahaan ataupun brand pasti memiliki setidaknya minimal satu akun di FB, Twitter, Instagram, hingga platform-platform sosmed yang sifatnya lokal. Akun-akun tsb membutuhkan pengelolaan yang strategis dan kreatif agar bisa tampil high profile di tengah hiruk-pikuk kebisingan informasi di dunia digital.

3. Desain

Perkembangan teknologi informasi meningkatkan pula kebutuhan desain grafis digital yang dapat menunjang interaksi yang harmonis antara user dengan perangkat / software. Saat ini dibutuhkan banyak ahli desain untuk mengembangkan desain frontend (tampilan muka) website atau aplikasi mobile yang sifatnya user friendly. Sebagus apapun aplikasi tanpa user interface yang baik bakalan tidak akan diterima oleh konsumen. Oleh karenanya, kebutuhan terhadap tenaga desain profesional menjadi sangat dibutuhkan dalam aktivitas pemasaran produk dan jasa.

4. Pembuatan Konten

Konten adalah raja. Tanpa kontent mustahil kita dapat melakukan pemasaran yang massif dan kontinue karena suatu brand harus terus-menerus mempublikasikan informasi yang dapat ditangkap dengan mudah serta menyadarkan konsumennya bahwa mereka membutuhkannya. Publikasi biasanya dilakukan dengan melalui blog, ebook, buku putih, dsb. Saat ini masih jarang perusahaan yang memiliki divisi tersendiri untuk pembuatan kontent publikasi ini sehingga ini menjadi peluang bagi penulis freelance untuk mengambil kesempatan ini.

5. Programmer Freelance

Bila Anda adalah seorang programmer yang memiliki keahlian dalam membuat aplikasi maka ini adalah kesempatan emas buat Anda untuk menjadi programmer freelance. Banyak perusahaan yang membutuhkan aplikasi yang cocok buat kebutuhannya sendiri yang seringkali tak dapat disediakan oleh aplikasi generik yang ada di pasaran. Tapi di pihak lain hal ini sulit dilakukan karena mereka tak memiliki unit yang khusus mendevelop software yang mereka butuhkan. Maka cara yang paling efektif dan efisien adalah memberikannya kepada tenaga programmer freelance untuk membuatkan software tsb.

6. Akuntansi dan Perpajakan

Masalah akuntansi dan perpajakan adalah masalah yang rumit bagi para pengusahaan. Mereka tetap ingin fokus pada core bisnisnya tapi tak ingin direpotkan oleh seluk beluk akunting yang menyita waktu dan perhatian. Makanya ini menjadi kesempatan yang bagus bagi tenaga freelance di bidang ini untuk menawarkan jasanya kepada perusahaan tsb (khususnya perusahaan di segmen UKM) saat akhir tahun pada saat pelaporan laporan tahunan keuangan dan pajak.

7. Pelatihan (Coaching)

Saat ini orang sadar bahwa untuk meningkatkan kualitas diri tidak hanya pendidikan formal yang harus dilakoni tapi juga pendidikan informal seperti pelatihan. Bahkan dalam banyak kasus seseorang baru bisa diterima bekerja untuk sesuatu posisi apabila memiliki sertifikasi tertentu yang baru bisa didapatkan melalui proses pelatihan atau training. Makanya saat ini berkembang pesat industri pelatihan yang membutuhkan banyak sekalai tenaga pelatih atau trainer. Bila Anda memiliki bakat dalam bidang pelatihan maka ini adalah kesempatan yang bagus untuk berkiprah sebagai trainer freelance.

8. Penterjemah

Bila Anda memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik maka menjadi tenaga penterjemah bahasa asing adalah pilihan menarik sebagai tenaga freelance. Keahlian Anda sangat dibutuhkan untuk menterjemahkan dokumen bahasa asing ke bahasa indonesia atau sebaliknya. Apalagi dengan adanya kewajiban manual bahasa indonesia bagi setiap produk asing yang dijual ke indonesia maka kebutuhna penterjemah menjadi hal yang tidak terelakkan lagi.

9. Administrative Support

Alih-alih memperkerjakan sekretaris full time yang mahal maka akan lebih efisien bila memperkerjakan asisten administrasi dengan bantuan tenaga freelance. Mereka bahkan bisa bekerja secara remote dengan membantu Anda agar tetap terorgansisir dalam mengatur jadwal kerja atau rutinitas.

10. Layanan Pelanggan

Pelanggan saat ini tidak hanya membutuhkan produk Anda tapi juga layanan Anda bila produk atau service yang dibeli membutuhkan jasa perbaikan atau instalasi. Bahkan dalam banyak hal customer membeli karena pertimbangan after sales service ketimbang harganya. Untuk menjadi frelance di bidang ini yang dibutuhkan adalah keterampilan komunikasi, pengetahuan produk, dan kesabaran.

About The Author

Add Comment